Monday, November 12, 2012

Sejarah Singkat Nabi Luth A.S.

"Bismi-llahi ar-rahmani ar-rahimi"
(Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang)


Nabi Luth a.s. adalah saudara laki-laki Nabi Ibrahim a.s. Beliau diutus oleh Allah s.w.t. ke negri Sadum (Palestina). Penduduknya sangat durhaka kepada Allah s.w.t. dan mereka mempunyai budi pekerti yang sangat buruk sekali. Mereka memutuskan perkawinan untuk perkembangan keturunan, seorang lelaki tidak mau mengawini seorang perempuan, akan tetapi sebaliknya mereka menginginkan seorang lelaki harus mengawini seorang lelaki juga.

Pekerjaan mereka adalah merampok hak orang, menganiaya dan apabila dinasehati atau dipertakuti dengan siksaan Allah s.w.t. segera mereka akan menjawab "Datangkanlah siksaan Allah itu hai Luth, jika sekiranya engkau orang yang benar"

Sebelum negri Nabi Luth a.s. dimusnahkan, datanglah beberapa Malaikat yang menyerupai seorang laki-laki yang tampan ke rumah Nabi Luth a.s. Beliau merasa susah hati karena takut kalau tamu-tamunya itu diganggu oleh kaumnya yang sangat keji perbuatannya. Dan kebetulan mereka sedang mengintai tamu-tamu Nabi Luth a.s. itu, dan segera mereka datang kepada Nabi Luth a.s. dan langsung meminta tamu laki-laki yang tampan itu agar segera diberikan untuk memuaskan kesenangan terkutuk mereka masing-masing. Seraya Nabi Luth a.s. menjawab "Wahai kaumku, janganlah kamu mengganggu tamu-tamuku agar engkau mengawininya. Jika engkau mau biarlah aku carikan isteri (wanita) yang halal untuk engkau kawini, dan mengapa engkau sekalian tidak berpikir?"
Seraya mereka menjawab "Hai Luth, sebagaimana engkau sudah mengetahui bahwa aku tidak suka kepada para wanita"

Demikianlah negri kaum Nabi Luth a.s. dimusnahkan oleh Allah s.w.t. dan sebelumnya itu Nabi Luth a.s. dan pengikut-pengikutnya yang beriman telah berpindah (hijrah) ke daerah lain dengan mendapat keselamatan dan lindungan dari Allah s.w.t. kecuali isteri dari Nabi Luth a.s. dia adalah termasuk orang-orang yang tertinggal dibinasakan.

No comments:

Post a Comment