Tuesday, November 13, 2012

Sejarah Singkat Nabi Ya'qub A.S.

"Bismi-llahi ar-rahmani ar-rahimi"
(Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang)


Nabi Ya'qub a.s. adalah anak dari Nabi Ishaq a.s. yang diutus oleh Allah s.w.t. untuk memimpin umat supaya menyembah kepada Allah s.w.t. Menurut riwayat beliau diutus dinegri Kan'an (desa Nabulis). Kehidupan Nabi Ya'qub a.s. adalah bertani dan berternak.

Nabi Ya'qub a.s. memiliki dua isteri yang bersaudara yang bernama Layya dan Rabil. Perkawinan dua orang isteri yang seibu dan seayah ini pada waktu itu belum ada larangannya. Didalam Alqur'an Allah s.w.t. menerangkan firmannya "Diharamkan kepadamu mengawini dua orang perempuan yang bersaudara seayah dan seibu kecuali pada masa silam" (s. An-nisa ayat 23)

Layya dan Rahil memiliki dua orang sahaya yang bernama Zulfah dan Balhah, keduanya dikawini pula oleh Nabi Ya'qub a.s. Beliau dikaruniai dua belas orang anak laki sebagai berikut ; 

Layya melahirkan : 
1. Rabin
2. Syam'un
3. Lawi
4. Yahuza
5. Yakasir
6. Zebulon

Rahil melahirkan ;
1. Yusuf (Nabi Yusuf a.s.)
2. Bunyamin

Rahil meninggal dunia sewaktu melahirkan Bunyamin, dari dua orang isteri hamba sahaya (Zulfah dan Balhah) ini mendapatkan masing-masing dua anak laki-laki. Kesemuanya dari keluarga Nabi Ya'qub a.s. ini disebut Al-Asbath artinya Kabilah.

Kemudian mimpi dari Nabi Ya'qub a.s. adalah wahyu Ilahi sebagai berikut "Aku Allah, tiada Tuhan selain Aku, Aku Tuhan engkau dan Tuhan bapak engkau, Aku telah mewariskan bumi ini yang suci (Baitul Maqdis) untuk mu dan keturunanmu, dan Aku memberi berkat kepadanya dan Aku berikan engkau kitab dan pelajaran serta hikmah dan kenabian"

Nabi Ya'qub a.s. wafat dalam usia 147 tahun di negri mesir.

1 comment: