Tuesday, November 13, 2012

Sejarah Singkat Nabi Syu'aib A.S.

"Bismi-llahi ar-rahmani ar-rahimi"
(Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang)


Nabi Syu'aib a.s. adalah keturunan Nabi Luth a.s. Beliau diutus oleh Allah s.w.t. ke negri Madyan, yaitu merupakan perbatasan negri Syam (Palestina). Kaum negri ini sudah meninggalkan ajaran-ajaran dari Nabi-nabi terdahulu, sehingga kaum itu sangat ingkar kepada Allah s.w.t. berbuat kejahatan kepada sesama manusia, merampok, menipu, dan mengurangi dalam timbangan (takaran) dan sebagainya.

Nabi Syu'aib a.s. menyeru kaumnya itu supaya menyembah kepada Allah s.w.t. dan jangan berbuat kepada kejahatan-kejahatan, akan tetapi kaum Nabi Syu'aib a.s. ini tetap saja ingkar. Akhirnya Allah s.w.t. menghukum penduduk negri Madyan dengan petir dan gempa bumi, sebagai mana tercantum dalam Alqur'an "Kemudian mereka ditimpa gempa, sehingga merekapun mati bergelimpangan didalam rumah-rumah mereka" (s. Al-A'raf ayat 91)

Nabi Syu'aib a.s. pindah ke negri Aikah, dan ternyata penduduk negri Aikah sama durhakanya dengan penduduk negri Madyan. Karena mereka tetap saja ingkar dan tidak mau mengikuti seruan Nabi Syu'aib a.s. maka Allah menghukumnya dengan awan yang sangat panas, dan dari awan itu keluar api yang memusnahkan mereka.

No comments:

Post a Comment